Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Km

Nanggroe.net, Yogyakarta | Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih terus mengalami aktivitas vulkanik. Pada Selasa (10/8), teramati dua awan panas guguran pada pagi hari.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menjelaskan bahwa awan panas guguran pertama terjadi pukul 05.58 WIB dengan jarak luncur dari puncak ke bawah sejauh 3.000 meter atau 3 kilometer.

“Pukul 05.58 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 45 mm dan durasi 214 detik. Jarak luncur 3.000 meter ke arah barat daya,” ujar Hanik seperti dilansir dari Kumparan.com

Abu Merapi yang Menempel di Perkebunan Warga, Sumber Foto : kumparan.com

Kemudian awan panas guguran kedua terjadi pada pukul 06.43 WIB. Awan panas guguran kedua memiliki jarak luncur 2.500 meter atau 2,5 kilometer.

“Awan panas guguran Merapi tanggal 10 Agustus 2021 pukul 06.43 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 36 mm dan durasi 161 detik. Jarak luncur 2.500 meter ke arah barat daya,” jelasnya.

Dari data BPPTKG yang bersumber dari BPBD Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, hujan abu tipis dampak awan panas guguran pukul 05.58 WIB, terjadi di sejumlah kecamatan di Magelang.

Adapun hujan abu tipis itu terjadi di Kecamatan Dukun meliputi Sengi dan Paten; Kecamatan Sawangan di Wonolelo dan Banyuroto; Kecamatan Grabag di Tlogorejo, Tirto dan Lebak; Kecamatan Pakis di Daseh.

Gunung Merapi sampai saat ini masih berstatus Siaga atau level III sejak 5 November 2020. Tipe erupsi pada 2021 adalah efusif dengan aktivitas seperti pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awan panas guguran.

Rekomendasi potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya. Masing-masing maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 kilometer ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih.

Sementara lontaran material vulkanik apabila terjadi letusan eksplosif diperkirakan dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Komentar