Survey Dan Identifikasi Calon Petani Dan Calon Lokasi

BENER MERIAH | Dinas Pertanian melaksanakan Survey dan Identifikasi Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL), tepatnya di Desa Pantanlah, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener meriah kegiatan tersebut berlangsung pada, Selasa (21/02/23).

Dinas Pertanian melakukan kegiatan, pengembangan dan perluasan areal perkebunan khususnya, tanaman jagung dan kacang kedelai. Lahan yang diusulkan oleh Kelompok Tani Ulak Mien, Kampung Pantanlah seluas 25 hektar.

Kelompok Tani Ulak Mien Kampung Pantanlah, merupakan salah satu kelompok Tani yang menerima bantuan bibit tanaman palawija di tahun 2023.

Tanaman jagung dan kacang kedelai merupakan komoditas unggul pertama di Kampung Pantanlah, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

Untuk itu perlunya dukungan dari pemerintah agar dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pada setiap tahun. Saat ini harga jagung sudah mulai membaik. Agar produktivitasnya terjaga, Petani perlu merawat kebunnya.

Program intensifikasi dengan memberikan bantuan pupuk, merupakan upaya membantu para Petani untuk mengelola ladangnya.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan kegiatan Survey dan Identifikasi Calon Petani dan Calon Lokasi tersebut, turut tampak hadir Kepala Dinas Abadi, Koordinator BPP Alur Gading Wahyuni, Penyuluh Armada, Kabid Dinas Pertanian Uswatun, Kasi Perbenihan Nurul dan Kasi Produksi Winiardi.

Survey dan Identifikasi Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) ini dilakukan dalam rangka memastikan apakah lahan petani benar-benar masih tersedia.

Dalam hal ini diutamakan lahan yang termasuk bersih (siap tanam), sehingga bantuan yang disalurkan dapat tepat sasaran dan tetap dalam kaidah.

Dan hasil dari Survey dan Identifikasi Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) dapat di tindaklanjuti, sebagai bahan usulan permohonan bantuan intensifikasi jagung dan kacang kedelai di Dinas pertanian.

Komentar